Eduarts: Journal of Arts Education
Vol 3 No 1

PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 KELING KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA

Rahmawati, Anik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2014

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses, hasil, dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Keling. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Lokasi yang dipilih adalah SMP Negeri 1 Keling Jepara. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menggambar ilustrasi berjalan sesuai dengan komponen pembelajaran. Hasil karya siswa kelas VIII E dalam menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Keling sebagian besar mencapai nilai sangat tinggi, baik dari aspek kesesuaian tema, ide/gagasan, kebersihan karya, teknik pewarnaan, dan hasil karya. Guru mempertimbangkan metode pembelajaran yang digunakan dan lebih berhati-hati dalam memilih metode pembelajaran untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar demi keberhasilan proses pembelajaran. Guru perlu mempertimbangkan kata-kata yang digunakan untuk menentukan sub materi pembelajaran seni rupa khususnya pembelajaran ekspresi.

Copyrights © 0000