JURNAL IQRA´
Vol 1 No 1 (2016): Iqra : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan

THE INFLUENCE OF USING SEMANTIC MAPPING ON THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION

wiwied pratiwi (Institut Agama Islam Ma'arif NU Metro)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Semantic Mapping pada pemahaman membaca siswa di kelas XI SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro, in the Tahun Ajaran 2014/2015 . Penelitian ini merupakan penelitian Experiment Murni. Data yang diambil berasal dari nilai pemahaman membaca. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda denga empat opsi jawaban (A.B, C, D) Penelitan ini menggunakan kelas pretest dan postest baik dalam kelas kontrol maupun kelas eksperimen.materi yang diteskan berupa materi pemahaman membaca.hasil akhir menyatakan bahwa Semantic Mapping adalah salah satu metode yang effektif untuk menambah pemahaman membaca siswa dengan melihat hasil pretest pada kelas eksperimen 58,83 dengan rata rata postest 77. Sedangkan pada kelas kontrol hasil pretest 61,36 dan hasil postes nya 69,84.standar KKM yang dicapai pada kelas eksperimen(93,3%) dan pada kelas kontrol (66,7%). Artinya hasil yang dicapai pada ekperimen kelas lebih tinggi daripada hasil dari kelas kontrol. Semantic Mapping tekhnik bisa menjadi alternative pilihan dari pembelajaran Pemahaman Membaca. Khususnya bagi siswa kelas XI SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro. Tahun Ajaran 2014/2015. . Keywords: Reading, Semantic Mapping.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Iqra’ adalah Jurnal ilmiah yang memuat tulisan mengenai kajian tentang ilmu pendidikan. Jurnal Iqra’ diterbitkan oleh IAIM NU Metro Lampung dua kali setahun. Redaksi membuka kesempatan kepada para Akademisi, Dosen, Peneliti, Guru dan Mahasiswa untuk berpartisipasi dalam ...