Jurnal Darul Ilmi


PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME

Komariyah, Kanada (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2016

Abstract

Permainan tradisional merupakan permainan yang terdapat di masa dahulu. Pendekatan BCCT yang menekankan pada kegiatan bermain sebagai kegiatan inti dan berpusat pada aktifitas anak (student centered) merupakan metode yang tepat bagi anak untuk mengaktualisasikan kecerdasan dalam permainan tradisional, karena metode ini relevan dengan prinsip perkembangan dan karakteristik anak usia dini yang bersifat unik. TK Bintang Kecil merupakan salah satu lembaga yang menerapkan atau melaksanakan pendekatan sentra secara murni dengan mengacu pada konsep CCCRT (The Creative Center For Childhood Research and Training) Florida dan Dinas Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara langsung di tempat penelitian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah TK Bintang Kecil Yogyakarta, sedangkan pengumpulan data dengan metode observasi, interview dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan mendeskripsikan tingkah laku anak didik selama proses penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Wujud permainan tradisional di TK Bintang Kecil meliputi: petak umpat, engklek, bekel, lompat tali, angklung, beradu kelereng. Permainan tradisional tersebut dikenalkan kepada anak agar mereka berfikir kreatif untuk mengembangkan atau lebih mengenalkan ke masyarakat tentang budaya permainan tradisioanl untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Dalam proses penerapannya, permainan tradisional dilakukan melalui kegiatan sentra atau BCCT, dengan berbagai kegiatan sentra yaitu sentra alam, persiapan, peran, seni, musik, balok. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran TK Bintang Kecil terkait permainan tradisional adalah perencanaan dengan melakukan pembuatan Rencana Kegaiatan Harian (RKH). Setelah dikenalkan, praktek permainan-permainan tersebut yang semuanya itu terdapat pada kegiatan sentra.Penerapan permainan tradisional dengan menggunakan pendekatan BCCT juga telah mencakup semua aspek perkembangan anak yaitu kognitif, fisik-motorik, sosio-emosional, bahasa dan seni. Hasil dari proses permainan tradisional pada TK Bintang Kecil adalah sebagian besar anak mampu menerapkan bentuk-bentuk permainan tradisional yang diberikan oleh guru. Misalnya permainan engklek, lompat tali, anak mampu lompat dengan seimbang. Hal tersebut dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik. Hasil selanjutnya anak sering melakukan permainan tradisional diluar pembelajaran, misalnya ketika berada di rumah. permainan tradisional anak menjadi tahu tentang permainan-permainan budaya yang sudah jarang dilakukan anak-anak sekarang ini.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

darul

Publisher

Subject

Description

Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Guru Rhaudatul Athfal, terutama berfokus pada isu-isu utama dalam pengembangan ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini. jurnal darul ilmi sudah diterbitkan sejak tahun 2010 dan dipublikasikan secara online sejak ...