Journal of Medives
Vol 1, No 1 (2017): Januari 2017

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATERI KOMPOSISI TRANSFORMASI

Sugiarto, Wahyoe (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2017

Abstract

ABSTRAKLatar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan prestasi belajar khususnya dalam materi komposisi transformasi. Data hasil tes tengah semester ganjil tahun 2016/2017 menunjukkan bahwa dari 38 siswa hanya 21,05% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA-6 SMA Negeri 1 Jepara. Pengumpulan data melalui tes dan non-tes. Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar dengan menggunakan butir soal sedangkan teknik non tes untuk mengetahui perkembangan motivasi belajar dengan menggunakan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari rendah menjadi tinggi dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa naik 31,86% dari 62,97 menjadi 83,03 dengan tingkat ketuntasan naik hampir tiga kali lipat dari 21,05% menjadi 81,58%, sehingga disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika materi komposisi transformasi.Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah; geogebra; motivasi belajar; prestasi belajar. ABSTRACTThe decreasing of students’ mathematics motivation and achievement particularly in composition of transformation is the backgournd of this study. The mid-term test shows that there were 21,05% of 38 students who passed KKM. Purpose of this study is to improve students’ achievement and motivation towards mathematics. This is an action research that carried out students grade  XII MIPA-6 of SMA Negeri 1 Jepara. Data of students’ achievement is assessed by giving test, while data of students’ motivation is observed by observation sheet. The result shows that students’ motivation improve from low level to high level. Means of students’ mathematics achievement increase as much as 31,86% , from 62,97 to 83,03. Students which passed KKM increase from 21,05% to 81,58%. Thus implementation of problem based learning with GeoGebra increases students’ achievement and motivation in composition of transformation.Keywords: problem based learning; geogebra; students’ motivation; learning achievement.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Medives

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal of Medives (p-ISSN 2549-8231, e-ISSN 2549-5070) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang pada bulan Januari dan Juli setiap tahunnya. Penulis adalah dosen, guru, peneliti, dan bahkan mahasiswa. Jurnal ini menerbitkan artikel asli ...