Journal of Medives
Vol 1, No 1 (2017): Januari 2017

PENGARUH METODE SCAFFOLDING BERBASIS KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Indrawati, Indrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa mengalami kesulitan belajar matematika khususnya siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode scaffolding berbasis kontruktivisme terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE sebanyak 32 siswa. Uji analisis data menggunakan t-test dan n-gain test. Hasil uji t dengan bantuan SPSS menunjukkan bahwa sig = 0.000  0,05, nilai rata-rata klasikal mengalami kenaikan sebesar 15,63 dan berdasarkan g faktor (N-Gain) siswa mengalami peningkatan kompetensi yang cukup baik. Dengan demikian ada pengaruh metode pembelajaran scaffolding berbasis kontruktivisme terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode pembelajaran scaffolding berbasis kontruktivisme dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran, karena selain dapat meningkatkan hasil belajar, siswa juga akan mendapatkan variasi pembelajaran sehingga mengurangi kejenuhan dan meningkatkan semangat maupun aktivitas siswa dalam belajarKata kunci: hasil belajar; konstruktivisme; scaffolding.ABSTRACTThis study is motivated by the fact that many students have difficulties in learning mathematics especially for junior highschool students. This study aims to know the implementation of scaffolding method based on constructivism to students’ mathematics achievement. This is an experimental study with one group pretest and posttest design. The sample were 32 students grade VIII. Data is analyzed by t-test and n-gain test. T-test result shows that sig=0,000<0,05, The average score increases 15,63 and based on N-gain test shows that students competence increases too. It means that scaffolding method based on constructivism influence students’ mathematics achievement significantly. Thus scaffolding method based on constructivism can be implemented in any instruction, because it can increase students’ achievement and students will get learning variation that can reduce boredom and motivate them to learn actively. Keywords: mathematics achievement; constructivism; scaffolding. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Medives

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal of Medives (p-ISSN 2549-8231, e-ISSN 2549-5070) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang pada bulan Januari dan Juli setiap tahunnya. Penulis adalah dosen, guru, peneliti, dan bahkan mahasiswa. Jurnal ini menerbitkan artikel asli ...