Proses belajar-mengajar merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan, karena hal tersebut mampu mempengaruhi kondisi peserta didik pada fase berikutnya, untuk itu baik guru maupun dosen dituntut untuk bisa mengem-bangkan kreatifitas berkenaan dengan profesi mereka, supaya mampu menciptakan situasi kelas yang kondusif dan menyen-angkan. Pada penelitian ini, peneliti mencoba menerapkan metode audiolingual yang diterapkan dalam matakuliah integrasi KKNI Istima’-Kalam pada perguruan tinggi swasta, dengan tujuan ingin mengetahui tingkat signifikansi metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dalam satu siklus, dan telah mencer-minkan adanya dampak tindakan positif secara signifikan dari proses dan hasil belajar dengan rata-rata nilai 74,33 dari obser-vasi nilai sebelumnya dan di akhir pelaksanaan memberikan tes dengan nilai rata-rata 82,00.Kata Kunci; Audiolingual, Integrasi, Istima’-Kalam, KKNI
Copyrights © 2017