Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri
Vol 5, No 1 (2016)

Perencanaan Strategi Pemasaran Minuman Sari Apel “Dewata” dengan Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix

Siti Asmaul Mustaniroh (University of Brawijaya)
Chafida Rofiatul Chasnaq (University of Brawijaya)
Imam Santoso (University Brawijaya)



Article Info

Publish Date
14 May 2017

Abstract

Abstrak Salah satu industri olahan apel di Kota Batu yang berkembang saat ini adalah CV Segar Buah Hutama yang memproduksi minuman sari buah apel “Dewata” dengan kondisi persaingan yang cukup ketat dengan berbagai merek dan harga jual. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan eksternal CV Segar Buah Hutama, merumuskan alternatif strategi pemasaran, serta memformulasikan prioritas strategi pemasaran minuman sari apel “Dewata”. Metode analisa menggunakan pendekatan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menunjukkan pada Matriks IFE bahwa CV Segar Buah Hutama belum memiliki kekuatan yang cukup untuk mengatasi kelemahan. Matriks EFE menunjukkan bahwa perusahaan belum efektif mengambil keuntungan dari peluang dan meminimalkan efek dari ancaman dalam industri minuman sari apel. Hasil Matriks IE menunjukkan kondisi Growth and Stability. Formulasi strategi yang diterapkan oleh CV Segar Buah Hutama adalah market penetration and product development strategy. Prioritas alternatif strategi pemasaran minuman sari apel “Dewata” yaitu (1) Mendorong promosi aktif dari mulut ke mulut terhadap konsumen dan distributor dengan membuktikan kualitas minuman sari apel “Dewata”, (2) Meningkatkan daya saing melalui kualitas produk dan pelayanan perusahaan, dan (3) Mengoptimalkan bahan baku serta minimasi biaya produksi.Kata kunci: sari apel, pemasaran, strategi, SWOT, QSPMAbstract One of apple processing industry development in Kota Batu is CV Segar Buah Hutama which produces “Dewata” apple beverages with high comptitivenss arising among many brands and lower selling prices.The goals of this research are to analyse the internal and external factor of CV Segar Buah Hutama, formulating alternative marketing strategy, as well as priorities of “Dewata” apple beverages marketing strategies. The method of analysis is Quantitative Strategic Planning Matrix. The results showed that IFE Matrix indicates the inability of CV Segar Buah Hutama to overcome weakness. EFE Matrix indicates the company’s infectivity to take advantage of opportunities and minimize the effect of the threat in this industry. Based on the IE Matrix, CV Segar Buah Hutama is at the stage of Growth and Stability. Formulation of the strategy should be applied is the market penetration and product development strategy. The priority of alternative marketing strategies of “Dewata” apple beverages includes increasing the word of mouth marketing to consumer and distributor with prove the quality of “Dewata” apple beverages, increase the competitiveness through product’s quality and the consumer services, as well as optimizing raw materials and minimizing production cost.Keywords: apple beverage, marketing, strategy, SWOT, QSPM

Copyrights © 2016