Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri
Vol 5, No 3 (2016)

Analisis Produktivitas dan Profitabilitas Produksi Sari Apel dengan Metode American Productivity Center di KSU Brosem

Panji Deoranto (University of Brawijaya)
Alifia Harwitasari (University of Brawijaya)
Dhita Morita Ikasari (University of Brawijaya)



Article Info

Publish Date
22 May 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas dan profitabilitas yang telah dicapai, melakukan evaluasi terhadap faktor-faktor penyebab rendahnya produktivitas dan profitabilitas, serta mencari solusi untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas KSU Brosem. Penelitian ini menggunakan metode American Productivity Center (APC) untuk melihat hubungan antara tingkat produktivitas dan profitabilitas. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dari April 2014 hingga Desember 2015 menunjukkan bahwa nilai ratarata produktivitas input total KSU Brosem sebesar 2,237 dan indeks produktivitasnya sebesar 100,190, sehingga dikatakan baik. Nilai indeks produktivitas terendah terdapat pada bulan Desember 2015 yaitu sebesar 84,101. Rendahnya produktivitas disebabkan pemborosan pemakaian input perusahaan. Nilai rata-rata tingkat profitabilitas input total KSU Brosem sebesar 1,999 dan indeks profitabilitasnya sebesar 89,524, sehingga dikatakan rugi. Rendahnya profitabilitas disebabkan harga bahan baku naik, jam lembur, dan Tarif Dasar Listrik (TDL) meningkat. Peningkatan produktivitas KSU Brosem dilakukan dengan cara inspeksi yang ketat dan meningkatkan kontrol terhadap bahan baku yang dikirim supplier, memberi peringatan dengan pemotongan gaji, meningkatkan kesadaran tenaga kerja untuk menghemat energi, dan investasi penggantian mesin. Peningkatan profitabilitas KSU Brosem dapat dilakukan dengan cara menjalin kerjasama yang baik dengan supplier, meningkatkan kecepatan operasi untuk mengurangi upah lembur, dan meningkatkan kesadaran tenaga kerja untuk hemat energi.Kata kunci: sari apel, pemasaran, strategi, SWOT, QSPM AbstractThe aim of this study is to find out, do evaluating of the causing low and find the solutions to increase both productivity and profitability KSU Brosem. This study uses American Productivity Center to see the correlation between the level of productivity and profitability. The result of data analysis from April 2014 to December 2015 showed that the productivity’s average of total input was 2.237 and index score was 100.190. The lowest productivity index found in December 2015 which amounted to 84.101. The low of productivity is caused by the waste of input. The profitability’s average of total input was 1.999 and index score was 89.524 which was considered as loss condition. The low of profitability is caused by the increase of raw materials cost, overtime hours, and electricity cost. The improvement on productivity is done by doing tight inspection and increasing the control toward raw materials, giving warnings and salary reduction, increasing the awareness in saving the energy, and the investment on new machine. The improvement on profitability is done by establishing good cooperation with the supplier, increasing the operation speed, and increasing the awareness to save the energy.Keywords: apple beverage, marketing, strategy, SWOT, QSPM

Copyrights © 2016