Indonesian Journal of Science and Education
Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Science and Education

INOVASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP

Karsilah - Karsilah (SMP N 2 Geyer)
Yunita Dwi Febriastuti (SMK N 2 Purwodadi)
Siswanto - Siswanto (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui penerapan inovasi model pembelajaran inkuiri terbimbing. Inovasi model pembelajaran dilakukan dengan mengkombinasikan kegiatan argumentasi dalam tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen tes pilihan berganda untuk mengukur kemampuan kognitif. Selain itu, juga digunakan lembar observasi untuk melakukan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa pada siklus I dan II baik secara klasikan maupun rata-rata kelas. Secara klasikal, pada siklus I, sebesar 82% siswa lulus di atas kriteria ketuntasan minimal sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Dilihat dari rata-rata kelas, pada siklus I tercapai rata-rata kelas sebesar 84 dan pada siklus II sebesar 85. Secara umum, seluruh tahapan kegiatan pembelajaran dilaksanakan oleh guru dan siswa terutama pada siklus II. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kegiatan argumentasi, kemampuan kognitif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijose

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics

Description

Indonesian Journal of Science and Education published a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the science and ...