Motivasi merupakan dorongan setiap individu untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi mahasiswa dalam menempuh program sarjana Pendidikan IPA Universitas Tidar Tahun akademik 2017/2018 agar diperoleh gambaran secara faktual tentang motivasi mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan IPA di Universitas Tidar. Metode penelitian survai dengan menggunakan lembar angket motivasi terbuka. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester Gasal Tahun akademik 2017/2018 yang terdiri dari 79 mahasiswa. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor instrinsik yang mempengaruhi motivasi mahasiswa sebesar 30,3% dan faktor ekstrinsik sebesar 69,6%. Fator instrinsik terdiri atas cita-cita sebagai guru sebesar 18,9%, tertarik mempelajari IPA sebesar 12,6%. Faktor ekstrinsik terdiri atas rekomendasi guru BK sebesar 6,3%, peluang menjadi guru IPA sebesar 31,6%, dekat dengan domisili sebesar 11,7%, citra Universitas Tidar sebagai PTN sebesar 12,6%, dan dorongan orang tua sebesar 6,3%. Simpulan mengungkapkan bahwa faktor ekstrinsik mendominasi motivasi mahasiswa dalam menempuh program sarjana Pendidikan IPA Universitas Tidar.Kata Kunci: Motivasi, Program Sarjana Pendidikan IPA Universitas Tidar
Copyrights © 2017