Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 4 PONTIANAK

Oktaviana, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa kelas X SMANegeri 4 Pontianak yang diajarkan menggunakan model pembelajaraan kooperatiftipe STAD berbantuan LKS pada materi perbandingan trigonometri; (2) aktivitasbelajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Pontianak yang diajarkan dengan modelpembelajaraan kooperatif tipe STAD berbantuan LKS pada materi perbandingantrigonometri, (3) aktivitas guru dalam mengelola model pembelajaran kooperatif tipeSTAD berbantuan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentukPre Experimental dengan rancangan One Shot Case Study. Sampel dalam penelitianini adalah 1 kelas dari 8 kelas siswa kelas X SMA Negeri 4 Pontianak dilakukandengan teknik simple ramdom sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini adalah: teknik pengukuran untuk data tes hasil belajar siswa danteknik observasi langsung untuk data aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) rata-rata hasilbelajar siswa pada materi perbandingan trigonometri menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS telah mencapai ketuntasanbelajar secara klasikal; (2) aktivitas belajar siswa dinyatakan aktif dengan kategoritinggi selama model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS; (3)aktivitas guru dalam mengelola model pembelajaran kooperatif tipe STADberbantuan LKS dikatakan efektif.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa,aktivitas belajar siswa, aktivitas guru.

Copyrights © 2015