Penelitian bertujuan mendeskripsikan kecerdasan interpersonal anak dan merancangbimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak PAUD Arrahman kabupaten Sambas. Metode penelitian adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi survei. Subjek penelitian 25 anak. Teknik pengumpul data menggunakan komunikasi langsung dengan alat panduan observasi. Analisis data meggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis interaktif model Miles and Huberman. Hasil penelitian:Kondisi kecerdasan interpersonal anak PAUD kabupaten Sambas âmemadaiâ. Dari 10 indikator dan 28 sub indikator kecerdasan tergolong âmemadaiâ dan âcukup memadaiâ. Terdapat 1 indikator dan 6 subindikator  tergolong âkurang memadaiâ.Komponen bimbingan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak meliputi bidang: pribadi, sosial dan karier. Layanan bimbingan: orientasi, informasi, penguasaan konten, penempatan dan penyaluran, konseling individual, dan konsultasi. Komponen pendukung: aplikasi intrumentasi, himpunan data dan konferensi kasus. Saran: (1) Guru dalam merancang bimbingan hendaknya berdasarkan asesmen kebutuhan; (2) Guru dan Kepala Sekolah hendaknya memanfaatkan hasil penelitian ini dalam rangka mengembangkan kecerdasan interpersonal anak.   Kata Kunci: kecerdasan interpersonal anak usia dini, bimbingan dan konseling.
Copyrights © 2016