WIDYAKALA JOURNAL
Vol 2 (2015): Entrepreneurship

Hubungan Antara Self-Regulated Learning dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Semester Pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya

Supriyanto S (Universitas Pembangunan Jaya)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2017

Abstract

Masa transisi dari jenjang pendidikan menengah (SMA) ke jenjang pendidikan tinggi (universitas) merupakan periode yang krusial bagi mahasiswa baru. Belajar di perguruan tinggi menuntut mahasiswa untuk lebih mandiri, aktif, mengambil keputusan yang tepat dan rasional berkaitan dengan studinya dan mengeksplorasi potensi-potensi yang dimilikinya. Menurut Arjanggi dan Suprihatin (2010), kapasitas regulasi diri (self-regulated learning) memiliki perang penting dalam menentukan kesuksesan pembelajaran mahasiswa di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara self-regulated learning dan prestasi akademik pada mahasiswa semester pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dan prestasi akademik pada mahasiswa semester pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya.Kata kunci: self-regulated learning, prestasi akademik mahasiswa, pendidikan tinggi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

journal_widya

Publisher

Subject

Arts Humanities Other

Description

Widyakala's scientific journal is an interdisciplinary study in ten study program at Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) as a contribution to the three principal scientific pattern of UPJ which is also an advantage of UPJ: 1. Humanist human development (Liberal arts) 2. Sustainable ...