Jurnal Penelitian Sains
Vol 19, No 1 (2017)

Peramalan Jumlah Pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan dengan Metode Autoregressive Integreted Moving Average (ARIMA)

Ensiwi Munarsih (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Bhakti Pertiwi Palembang)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Jumlah Pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan dalam tiga belas tahun terakhir mengalami peningkatan dan penurunan yang cukup tinggi. Diperlukan langkah-langkah optimal agar dapat memperbaiki permasalahan pengangguran sehingga jumlahnya dapat berkurang pada tahun-tahun kedepan. Peramalan jumlah pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan dirasa perlu agar kebijakan yang diambil pemerintah dapat lebih optimal. Penelitian ini bertujuan menemukan model yang terbaik untuk dapat memprediksi jumlah pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan sepuluh tahun mendatang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Autoregressive Integrated Moving Average Model (ARIMA). Data yang digunakan merupakan data pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan dari tahun 2002 sampai 2016. Dalam membangun model pada metode ARIMA dilakukan empat langkah dasar, yaitu identifikasi model, taksiran model, diagnosis model dan terakhir prediksi. Hasil analisa pada penelitian ini diperoleh model terbaik yang digunakan untuk memprediksi jumlah pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan sepuluh tahun mendatang yaitu model ARIMA (2,1,1). Model ARIMA ini digunakan karena menunjukkan nilai MAE dan MAPE terkecil jika dibandingkan dengan model ARIMA lainnya. Hasil prediksi menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah pengangguran di Provinsi Sumatera Selatan jika dibandingkan waktu sebelumnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Penelitian Sains (JPS) MIPA UNSRI merupakan wahana komunikasi ilmiah di bidang sains serta lintas ilmu yang terkait; diterbitkan sejak 1 Oktober 1996 oleh UP2M FMIPA Universitas Sriwijaya. Jurnal ini berisikan tulisan atau karangan ilmiah dalam berbagai bidang tersebut yang diangkat dari ...