Metodik Didaktik
Vol 11, No 1 (2016): Metodik Didaktik Juli 2016

KETERKAITAN PENERAPAN PENDEKATAN CPA DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Putri, Hafiziani Eka (Unknown)
Rahayu, Puji (Unknown)
Saptini, Ria Dewi (Unknown)
Misnarti, Misnarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2016

Abstract

Penerapan pendekatan CPA dalam pembelajaran matematika memberian peluang untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SD. Kegiatan pembelajaran yang diawali dengan kegiatan memanipulasi benda konkret memberikan kesempatan kepada siswa SD belajar mengaitkan materi matematika yang dipelajari dengan kehidupan sehari hari. Kegiatan pembelajaran pada tahapan pictorial dimana siswa diberikan kesempatan menggambar sesuatu yang menyerupai benda konkret dan kemudian membuat gambar secara simbolis dari benda konkret merupakan sebuah jembatan yang membantu siswa sampai pada sebuah pemikiran matematika yang abstrak.  Jembatan berpikir yang dibangun pada tahapan ini akan membantu siswa memahami keterkaitan antara topik matematika yang dipelajari dengan topik matematika lainnya, serta membantu siswa memahami adanya keterkaitan antara matematika dengan bidang ilmu lainnya. Hal ini sejalan dengan indikator yang ingin dicapai dalam kemampuan koneksi matematis.

Copyrights © 2016