Metodik Didaktik
Vol 13, No 1 (2017): Metodik Didaktik Juli 2017

PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASARUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN DAWUAN TIMUR II

MJ, Gina Sonia (Unknown)
Iskandar, Sofyan (Unknown)
Mulyani, Srie (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dawuan Timur II yang bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial  IPS Siswa  Sekolah Dasar dengan menerapkan Model Numbered Head Together (NHT). Latar belakang penelitian ini mengacu pada studi pendahuluan yang telah dilakukan bahwa keterampilan sosial siswa masih rendah, hal tersebut dapat dilihat dari perilaku siswa yang masih belum baik selama proses pembelajaran berlangsung, berdasarkan data lapangan yang sudah dilakukan, siswa memiliki sikap yang kurang baik seperti siswa tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran berlangsung, tidak mendengarkan penjelasan guru dan siswa tidak menghargai temannya ketika ada yang sedang berbicara di depan kelas, kemudian siswa sering membuat keributan di dalam kelas dan tidak mau untuk mengerjakan tugas. Salah satu solusi yang dianggap tepat adalah  dengan menerapkan Model Numbered Head Together (NHT) karena model ini dapat meningkatkan suatu interaksi dan komunikasi siswa satu dengan yang lainnya, selain itu juga model ini memiliki kelebihan yang lain yaitu dapat bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain, melatih siswa untuk bisa menjadi tutor sebaya, memupuk rasa kebersamaan, membuat siswa menjadi terbiasa dengan perbedaan. Dan model pembelajaran ini mengacu pada interaksi sosial sehingga pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hubungan sosial antarsiswa. Sehingga aktivitas siswa dapat meningkat baik secara individu maupun kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu Lembar observasi Aktivitas siswa dan lembar observasi keterampilan sosial siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus 1 hasil keterampilan sosial siswa memperoleh persentase sebesar 42%, pada siklus 2 meningkat menjadi 62%, dan pada siklus ke 3 meningkat kembali sebesar 86%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan sosial IPS siswa Sekolah Dasar.

Copyrights © 2017