Metodik Didaktik
Vol 11, No 1 (2016): Metodik Didaktik Juli 2016

PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN COOPERATIVE SCRIPT(CS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Humairoh, Siti (Unknown)
Rahman, Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan model  Cooperative Script terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan adalah “prstest-posttest two treatment desaign”. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangreja 04 Kabupaten Bekasi. Teknik pengambilan sampel  yaitu dengan teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel. Intrumen yang digunakan berupa prates dan pascates dan lembar observasi. Sistem pengolahan data ini menggunakan software SPSS16.0 dan Microsoft Excel 2007. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: (1) Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, (2) Model Cooperative Script dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, (3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran membaca pemahaman dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan siswa yang mendapatkan pembelajaran membaca pemahaman dngan model Cooperative Script. (4)  Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan model  Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih tinggi dibandingkan dengan model Cooperative Script.

Copyrights © 2016