Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 1, No 1 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BULLETIN BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG

Septi Rotari (Universitas Sriwijaya)
Emil El Faisal (FKIP Universitas Sriwijaya)
Sri Artati Waluyati (FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
25 May 2014

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran  bulletin board terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran  pendidikan kewarganegaraan  di SMP Negeri 10 Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian quasi eksperimental design, dengan tipe pretest-posttest nonequivalent-group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 10 Palembang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.4 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, adalah teknik dokumentasi, observasi, dan test, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media bulletin board pada hasil belajar siswa pada matapelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 10 Palembang dengan taraf signifikan sebesar 5% atau α = 0,05. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata kelas eksperimen 89,9 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol 82,5. Secara statistik melalui analisis uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung = 6,341 > ttabel = 1,665) dengan demikian menolak HO dan menerima Ha yang menyatakan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media bulletin board pada hasil belajar siswa pada matapelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 10 Palembang.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...