Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 1, No 2 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRYPADA MATA KULIAH HUKUM PAJAK DI PROGRAM STUDI PPKN FKIP UNSRI

Emil El Faisal (FKIP Universitas Sriwijaya)
Mulkan Mulyadi HD (FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2014

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquirypada Mata Kuliah Hukum Pajak di Program Studi PPKn FKIP UNSRI” dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak pada periode semsester ganjil tahun akademik 2013-2014. Sehingga dirasa sangat perlu untuk melakukan penelitian terkait hal tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Inquirydi program studi PPKn FKIP Unsri. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober dan Nopember 2014 dengan menerapkan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek yang ditetapkan adalah mahasiswa yang mengikuti matakuliah hukum pajak pada semester ganjil tahun akademik 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak. Hal tersebut dapat dilihat dari tren positif perolehan nilai hasil tes mahasiswa yang menunjukkan peningkatan mulai dari hasil pretes (nilai rata-rata 57), siklus pertama (nilai rata-rata 67) hingga siklus kedua (nilai rata-rata 88). Diharapkan kepada dosen yang mengampu mata kuliah huku m pajak, baik pada semster ganjil 2014-2015 maupun pada semester tahun ajaran berikutnya agar menerapkan model pembelajaran Discovery Inquiry sebagai salah satu model yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran berlangsung kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...