Jurnal Manajemen Indonesia
Vol 17 No 2 (2017)

IMPROVING EMPLOYEE ENGAGEMENT IN DIMENSION OF JOB DEMAND AT PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK PEMBANGUNAN JAWA BAGIAN TENGAH I

Prima Amalia (Institut Teknologi Bandung, Indonesia)
Aurik Gustomo (Institut Teknologi Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2017

Abstract

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBTI) menghadapi tantangan dalam pengelolaan bakat dan keterikatan mereka dengan perusahaanberdasarkan target skor KPI yang belum tercapai dalam perspektif OrganizationalReadiness Organization (OCR) dalam indikator Kesiapan Budaya yang diukur denganEmployee Engagement. Penelitian ini difokuskan pada identifi kasi akar penyebab skorJob Demand yang tinggi sebagai dimensi negatif dan mengusulkan perencanaan peningkatanketerlibatan karyawan berdasarkan Job Demand-Resources Model. Dari hasilpenelitian diketahui bahwa pengukuran dan pengendalian penugasan tambahan merupakansolusi terbaik untuk mengurangi ketegangan kerja karyawan dan meningkatkan skorEmployee Engagement terhadap dimensi Job Demand yang dapat memberikan dampaktertinggi terhadap penurunan nilai Tuntutan Pekerjaan di PLN UIP JBT I.

Copyrights © 2017