MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2013): June

Keefektifan Model Kooperatif Tipe Tai dengan Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Utara

Andi Dian Angriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2013

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran kooperatif  tipe  TAI  dengan  pendekatan  realistik  dan  kelas  kontrol  diajar  dengan pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah. Unit eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai yang terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Kelas VIII1   sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas VIII2   sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada kelas yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik, 100% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 81,68 dari nilai ideal 100 dengan standar deviasi 9,519, sedangkan pada kelas yang diajar dengan pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, 90,91% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 74,32 dari nilai ideal  100  dengan  standar  deviasi  10,144,  (2)  pada  pembelajaran  kooperatif  tipe  TAI dengan pendekatan realistik, maupun pada pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, siswa aktif dalam pembelajaran dan siswa merespons positif terhadap pembelajaran, (3) terjadi peningkatan hasil belajar matematika setelah diajar pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik maupun pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, (4) pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik  lebih  efektif  daripada  pengajaran  langsung  dengan  pendekatan  pemecahan masalah.

Copyrights © 2013