Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains
Vol 2 No 1 (2017): Pendidikan dalam Pembelajaran

Pengaruh Model Pembelajaran Student Active Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Menulis Karya tulis Ilmiah Mahasiswa (Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo)

Hakim, Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Active Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa (Eksperimen pada mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2×2. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo. Sampel diambil dengan teknik two stage random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes dan nontes.Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA Dua Jalan. Berdasarkan analisis data disimpulkan, pertama, kemampuan menulis karya ilmiah siswa yang diajar dengan metode Active Learning lebih baik daripada yang diajar dengan metode TCL (Teacher Centered Learning). Dari hasil Fh 8.31 > Ft sebesar 4.03 dengan db pembilang I dan db penyebut 50  pada taraf nyata 0.05. Kedua, kemampuan menulis karya ilmiah siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebihbaik daripada kemampuan menulis karya ilmiah siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Dari hasil Fhsebesar 13.53 >Ftsebesar 4.03 dengan db pembilang I dan db penyebut 50  pada taraf nyata 0.05. Ketiga, ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan menulis karya ilmiah. Dari hasil Fhsebesar 5.82 > Ft sebesar 4.03 dengan db pembilang I dan db penyebut50  pada taraf nyata 0.05.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ibriez

Publisher

Subject

Education

Description

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains is a national journal which published by the Institute of Islamic Studies (IAIN) of Ponorogo managed by Its PGMI department. Ibriez journal, has been publishing both online and print since December 2016. The journal published to facilitate ...