JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Vol 3, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS V B SDN 4 SINTANG DENGAN METODE DISKUSI PARTISIPATIF

Sofyan, Sofyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui (1) pengaruh model pendekatan diskusi partisipatif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Sintang pada mata pelajaran PKn, (2) cara menyusun diskusi partisipatif dalam upaya mempermudah pemahaman siswa kelas V SDN 4 Sintang terhadap materi lembaga negara Indonesia pada mata pelajaran PKn, dan (3) manfaat dari diskusi partisipatif dalam upaya  mempermudah pemahaman siswa kelas V B SDN 4 Sintang terhadap Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat pada mata  pelajaran PKn. Penelitian  ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 4 Sintang sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pengukuran, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil ulangan harian setelah menggunakan pembelajaran metode diskusi partisipatif mengalami peningkatan yang sangat signifikan yakni 72,45 sedangkan sebelumnya hanya 64,73. (2) Pelaksanaan tindakan kelas diperoleh data bahwa minat siswa dalam belajar mengalami kenaikan setelah diadakan PTK pada siklus I persentase keaktifan siswa adalah 68,45% setelah diadakan PTK pada siklus II menjadi 100%. (3) Setelah diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran diskusi partisipatif pada siklus I persentase keaktifan siswa adalah 68,45 % pada siklus II menjadi 100%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi Partisipatif

Copyrights © 2017