EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol. 6 No. 2 (2016): Desember

Konstruksi Integralitas Ilmu, Teknologi dan Kebudayaan

Muhammad Wahyudi (Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2016

Abstract

Ilmu pengetahuan menempati posisi yang sangat krusial di dunia pendidikan. Tidak hanya dalam tataran epistemology, ia bahkan merupakan suatu penjelaman dari sebuah konsep ontology yang dimanifestasikan dalam bentuk pola pikit. Oleh karenanya, ilmu tidak bisa dari suatu institusi kebudayaan, aktivitas manusia terutama dalam usahanya untuk mengetahui diri dan alam sekitarnya. Tentu dengan tujuan mengenal manusia secara pribadi beserta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya. Dari situ diketahui bahwa ilmu, teknologi dan kebudayan memiliki kaitan struktur relation yang jelas. Kesemuanya merupakan satu rangkaian yang tidak terpisahkan dalam peranannya untuk memenuhi kebutuhan insani. Sedangkan teknologi mengetahui “bagaimana” yang berkaitan dengan konstribusi ilmu pengetahuan terhadap sesuatu yang bernilai dimana pada ranah ini masuk pada wilayah aksiologi, dan kebudayaan yang didalamnya terdapat masyarakat sebagai subyeknya, merupakan objek yang real baik secara nyata materi maupun immateri dari filsafat yang masuk dalam wilayah ontology, dari ketiga pola relasi tersebut mengkonstruksi absolute relation yang kongkrit baik secara implicit maupun eksplisit meliputi kehidupan manusia.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

elbanat

Publisher

Subject

Religion Education

Description

FOCUS The focus of this paper is an attempt to actualize a better understanding of the science of islam and Islamic thought, both locally and internationally through the publication of articles, research reports, and book reviews. SCOPE This journal Contains Islamic studies included education , ...