Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 1, No 1 (2014)

PENGARUH TINGKAT KETERAMPILAN GURU TERHADAP PRESTASI SISWA PADA SMKN 1 SUKAMAJU KAB. LUWU UTARA.

Jabbar Hamseng (Unknown)
Goso Goso (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo)
Nuraeni Nuraeni (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2016

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh tingkat keterampilan guru Terhadap Prestasi Siswa Pada SMKN 1 Sukamaju Kab. Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII pada SMKN 1 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah kurang lebih 100 orang pertahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan penarikan rumus Slovin dihasilkan 50 sampel. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Sederhana, dimana variabel bebasnya yaitu Tingkat Keterampilan Guru sedangkan untuk variabel dependen yaitu Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel Tingkat Keterampilan Guru berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa. Sedangkan untuk (Uji-t) dari hasil tersebut ternyata variabel Tingkat Keterampilan Guru berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan besaran nilai koefisien regresi sebesar 44,2%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menduga bahwa tingkat keterampilan guru dalam mengajar dapat berpengaruh terhadap prestasi siswa Pada SMKN 1 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara terbukti kebenarannya

Copyrights © 2014