Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 1, No 1 (2014)

ANALISIS PERENCANAAN LABA PADA PERUM PEGADAIAN PASAR SENTRAL CABANG PALOPO

Samsul Bachri (Unknown)
Rahmawati Rahmawati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo)
Siti Nur Aisyah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2016

Abstract

Penulisan dalam penelitian ini membahas tentang analisis perencanaan laba pada perum pegadaian pasar sentral cabang palopo. Penelitian ini didasari pada pemikiran bahwa pentingnya perhitungan biaya volume laba untuk mencapai target laba pada perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah perencanaan laba dapat meningkatkan laba perusahaan pada perum pegadaian pasar sentral cabang palopo. Salah satu bagian yang penting pada perusahaan adalah perhitungan biaya volume laba untuk mencapai target laba yang diinginkan. Data yang digunakan berasal dari objek penelitian yaitu laporan keuangan selama 2 periode pada perum pengadaian pasar sentral cabang palopo. Analisis data yang digunakan adalah biaya-volume-laba (cost-volume-profit). Dari hasil penilaian dengan analisis biaya-volume-laba dan kaitannya dengan perencanaan laba, maka dapat disimpulkan bahwa selama 2 tahun terakhir (2011-2012) Perum Pegadaian Pasar Sentral Cabang Palopo mengalami peningkatan laba pada tahun 2011 sebesar Rp. 428.613.984, pada tahun 2012 sebesar Rp. 492.953.187.

Copyrights © 2014