Jurnal Ilmiah Giga
Vol 19, No 1 (2016): Volume 19, Edisi 1, Juni 2016

Analisis Radiasi Hambur di Luar Ruangan Klinik Radiologi Medical Check Up (MCU)

Anita, Febria ( Program Studi Fisika, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Nasional, Jakarta 2 Fisika Medik, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta)
Arizal, Muh. Zakky ( Program Studi Fisika, Universitas Nasional, Jakarta)
Panular, Dwi Bondan ( Fisika Medik, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta)
Santoso, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2017

Abstract

ABSTRAK. Telah dilakukan penelitian tentang Analsisis Radiasi Hambur di Luar Ruangan Klinik Radiologi Medical Check Up (MCU). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis radiasi hambur yang diterima titik perisai dan Pola sebaran radiasi hambur di belakang titik perisai. Penelitian ini menggunakan surveymeter sebagai alat ukur radiasi. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara peneliti berdiri dibelakang dinding setiap dilakukan pemeriksaan dengan faktor eksposi yang sudah ditentukan yaitu 50, 55, dan 60 kV dengan waktu 16 mAs. Pengambilan data dilakukan dengan beberapa kali agar datamenjadi lebih akurat. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan laju dosis radiasi sebesar 0,477, 0,76, dan 0,897mSv/tahun masih jauh dari nilai batas dosis untuk pekerja radiasi 20 mSv dan masyarakat umum 1 mSv. Pola sebaran radiasi hambur kenaikan yang signifikan ditujukan oleh dinding penahan yang merupakan shielding F yang terletak di didalam ruangan untuk tempat berlindungnya petugas radiasi ketika melakukan pemeriksaan. Kata kunci: Shielding, Surveymeter, Dosis Radiasi, Faktor Eksposi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

giga

Publisher

Subject

Education

Description

GIGA Scientific Journals is a scientific publication from research and literature study which are conducted by undergraduate, graduate, doctoral student, researchers and lecturers to be published widely and can be utilized as widely as possible for the advancement of science and technology at ...