Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen)
Vol 1, No 1 (2017)

PENGARUH FAKTOR SUASANA TOKO PADA PEMBELIAN IMPULSIF DI INDOMARET POINT YOGYAKARTA

Arief Rachmandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Perubahan gaya hidup manusia sekarang yang berawal dari kebiasaan berbelanja di pasar tradisional menjadi memilih untuk berbelanja di toko swalayan atau supermarket modern yang jauh lebih nyama, bersih dan tertata rapi menjadi latar belakang kehadiran dan pertumbuhan pesat tentang bisnis pasar swalayan. Jumlah mahasiswa di Yogyakarta yang besar memberikan peluang kepada para peritel terutama Indomaret untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Berdasarkan data BPS (2013) jumlah mahasiswa di Yogyakarta mencapai 69.680 orang. Jumlah mahasiswa yang besar ini akan membuat permintaan kebutuhan sehari-hari seperti shampoo, minyak wangi, sikat gigi, sabun mandi, camilan, minuman dan juga produk-produk kebutuhan sehari-hari lain menjadi meningkat dan menjadi peluang untuk Indomaret sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari masyarakat. Namun, bukan hanya Indomaret yang melihat peluang ini, ritel lainnya pun bermunculan sebagai pesaing seperti Alfamart, Circle K, serta toko ritel lain dalam bentuk kepemilikan pribadi. Oleh karena itu Indomaret harus mampu berinovasi dalam menghadapi kompetitor mereka. Salah satu dari inovasi retail Indomaret adalah Indomaret Point. Dalam penelitian ini target populasi yang akan dicapai adalah seluruh pelanggan Indomaret Point di Yogakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dan metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria konsumen yang berada di dalam Indomaret Point Yogyakarta. Penelitian ini merekomendasikan kepada Indomaret Point Yogyakarta harus selalu memperhatikan suasana yang ada di dalam toko Indomaret Point Yogyakarta, karena suasana toko tersebut memberikan kenyamanan kepada konsumen Indomaret Point ketika berbelanja atau sekedar bersantai di dalam toko Indomaret Point Yogyakarta. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

rekomen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) managed and published by Management Studies Program, Faculty of Economy, Universitas Tidar. Focus and scopes of this journal are Human Resources Management, Marketing Management, Finance Management, Operation Management, Strategic Management, and Business ...