Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen)
Vol 1, No 1 (2017)

HELPFULNESS OF ONLINE REVIEW: A ROLE OF REVIEW VALENCE (CASE STUDY OF AMAZON.COM)

Devi Astiarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penggunakaan media sosial terus meningkat dan konsumen suka membagikan ekspresi mereka, konsumen akan membagikan pengalaman mereka tentang suatu perusahaan atau merek, baik pengalaman positif atau negative melalui platform digital. Karena penggunaan internet mulai menyebar, hal itu merubah bagaimana konsumen membuat keputusan dalam membeli suatu produk. Hal itu mengubah bagaimana orang berinteraksi dengan orang lain, mengubah bagaimana mereka mencari informasi, dan bagaimana mereka berbelanja. Dalam penelitian ini, panjang ulasan akan diukur menggunakan word count. Di mana akan dihitung menggunakan sebuah software bernama AYLIEN. Tingkat keekstriman sebuah ulasan akan dihitung berdasarkan jumlah rating sebuah ulasan. Di situs Amazon, sebuah ulasan mempunya rating 1-5. Mengikuti yang Forman et al. (2008) lakukan dalam penlitian mereka, penulis membuat variabel dummy yang diklasifikasikan ke dalam 2 kelas. Penulis membagi rating 1, 2, 4, 5 sebagai rating ekstrim, dan rating 3 sebagai rating moderat. Efek moderasi dalam penelitian ini juga menandakan bahwa kebutuhan dan keinginan konsumen tidaklah sederhana. Mereka tidak hanya memikirkan panjang sebuah ulasan, namun juga emosi yang terkandung dalam sebuah informasi. Mereka mempertimbangkan banyak hal dalam mencari informasi. Mereka tidak hanya memilih ulasan yang lebih panjang, namun mereka lebih memilih ulasan yang panjang dan positif yang lebih membantu mereka dalam mengambil keputusan. Valensi sebuah ulasan dibuktikan mempunyai pengaruh yang signifkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

rekomen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) managed and published by Management Studies Program, Faculty of Economy, Universitas Tidar. Focus and scopes of this journal are Human Resources Management, Marketing Management, Finance Management, Operation Management, Strategic Management, and Business ...