Rendahnya konsumsi ikan pada konsumen muda di Yoyakarta yang merupakan mayoritas penduduk merupakan sebuah ancaman. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mengkonsumsi ikan pada konsumen muda secara signifikan. Kuesioner semi terbuka disebar secara online kepada 350 reponden, terdiri dari 167 orang laki-laki dan 183 orang perempuan. Responden dipilih secara judgment sampling dengan kriteria berusia 18-35 tahun, tidak memiliki alergi terhadap ikan, serta berdomisili di Yogyakarta. Konsumsi ikan dimasa kanakkanak, kesadaran kesehatan, dan tekanan sosial mempengaruhi tingkat konsumsi ikan secara signifikan sedangkan sikap, cara pengolahan dan penyajian, serta harga tidak mempengaruhi. Model penelitian ini berpengaruh sebesar 41% terhadap konsumsi ikan pada konsumen muda. Penambahan variabel-variabel eksternal diperlukan untuk memperkirakan hubungan antar faktor yang lebih kuat. Kata kunci: Perilaku konsumen, Konsumen muda, Konsumsi ikan, Yogyakarta.
Copyrights © 2017