TARLING Journal of Language Education
Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Tarling Vol 1 No. 1 Tahun 2017

تصميم البرامج التعليمية الحاسوبية في تعليم اللغة العربية (بالتطبيق على المدرسة الثانوية الحكومية الأولى مالانج)

AL ANSHORY, ABDUL MUNTAQIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2017

Abstract

Pemahaman dan penggunaan komputer merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh seluruh bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Komputer telah banyak digunakan dalam usaha-usaha mengembangkan dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.  Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran bahasa arab yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah mendesain program pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan komputer. Penelitian ini bermaksud untuk mendesain program pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan program komputer Power Point dan mengetahui pendapat para ahli pembelajaran bahasa arab, guru bahasa arab, dan siswa tentang kesesuaian dan menariknya program yang dihasilkan untuk pembelajaran bahasa arab di SMA Negeri 1 Malang.Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan proses validasi yang dilakukan oleh tiga ahli pembelajaran bahasa arab, satu guru bahasa arab, dan 39 siswa SMA Negerin 1 Malang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Program pembelajaran bahasa arab yang didesain dengan program power point terdiri dari: (a) slide utama dan pendahuluan, (b) slide daftar isi, (c) slide petunjuk penggunaan, (d) slide-slide materi pembelajaran, (d) slide penutup, dan (e) slide riwayat hidup desainer; (2) Hasil ujicoba menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan secara keseluruhan sangat baik, sesuai dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Malang. Dari proses desain dan hasil ujicoba tesis penelitian, peneliti dapat mengungkapkan bahwa desain program pembelajaran bahasa arab perlu dilaksanakan guna menunjang keberhasilan pembelajaran bahasa arab.

Copyrights © 2017