Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 9, No 3 (2009)

MELATIH PENALARAN SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DALAM MEMAHAMI KONSEP BILANGAN PECAHAN DAN MENYELESAIKAN MASALAH PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN

IIS HOLISIN (Dosen FKIP UMSurabaya)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2016

Abstract

ABSTRAKBilangan pecahan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan.Mulai cara mengenalkannya sampai cara menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pecahan. Mengenalkanbilangan pecahan tidak semudah mengenalkan bilangan bulat. Mengenalkan bilangan pecahan kepada siswa dapat diawalidengan menggunakan benda konkrit, kemudian dengan gambar(semi konkrit), dan akhirnya mengenalkan simbol pecahan. Denganmenggunakan media tersebut, diharapkan siswa lebih mudahmemahami konsep bilangan pecahan. Artikel ini akan membahas beberapa langkah untuk melatih penalaran siswa Sekolah Dasar (SD)dalam memahami konsep bilangan pecahan dan menyelesaikanmasalah penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.

Copyrights © 2009