JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 2017

Gaya Mengajar Otoriter dan Demokratis terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas

Ishak, Muchamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh gaya mengajar otoriter dan gaya mengajar demokratis terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC CicalengkaKabupaten Bandung.   Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota klub renang RYC yang berjumlah 30 orang, dengan teknik total sampling. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu gaya mengajar otoriter dan gaya mengajar demokratis, serta satu variabel terikat yaitu renang gaya bebas. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes renang gaya bebas dengan jarak 25 meter. Metode penelitian adalah metode eksperimen.  Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya mengajar demokratis terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC Cicalengka Kabupaten Bandung. Gaya mengajar demokratis lebih signifikan dibandingkan dengan gaya mengajar otoriter terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC Cicalengka Kabupaten Bandung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

penjas

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) adalah jurnal olahraga yang berlandasakan pendidikan. Memberikan informasi dalam berbagai lingkup isu-isu pendidikan jasmani, rekreasi dan olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) diharapkan mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas ...