JIMKesmas (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat)
Vol 2, No 5 (2017): JIMKESMAS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DENGANKEPUTUSAN PASIEN RAWAT INAP MEMILIH LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM BAHTERAMASPROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2016

Alfianti, Kiki Reski (Unknown)
Karimuna, Siti Rabbani (Unknown)
rasma, rasma (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2017

Abstract

Pemasaran merupakan suatu kegiatan analisis, perencanaan, penawaran produk/jasa danpengendalian program yang diformulasikan dengan hati -hati untuk menghasilkan pertukaran nilai secarasukarela dengan target pasar yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan penelitian iniadalah Untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan keputusan pasien rawat inap memilih layanankesehatan di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016 Metode penelitian inipenelitian kuantitatifdengan pendekatan cross sectional study ,yaitu melakukan pengukuran atau pengamatanpada saat bersamaan dengan mencari hubungan antara variabel bebas (product, people, place dan physicalevidence) dengan keputusan pasien rawat inap memilih layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum BahteramasProvinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016.Hasil penelitian menunjukkan Ada hubungan product dengankeputusan pasien rawat inap memilih layanan kesehatan di RSUD Bahteramas, Tidak ada hubungan place(lokasi pelayanan) dengan keputusan pasien rawat inap memilih layanan kesehatan di RSUD Bahteramas, Adahubungan people (tenaga kesehatan) dengan keputusan pasien rawat inap memilih layanan kesehatan diRSUD, Tidak ada hubungan physical evidence (bukti fisik) dengan keputusan pasien rawat inap memilih layanankesehatan di RSUD Bahteramas.Disarankan kepada pihak rumah sakit agar lebih meningkatkan stra tegipemasaran seperti meberikan informasi yang jelas kepada pasien atau keluarganya besaran tarif sebelummemperoleh layanan , melakukan promosi terutama melalui media cetak atau media lainnya sehinggamasyarakat dapat mengetahui jenis-jenis pelayanan apa saja yang tersedia.Kata Kunci : product, people, place, physical evidence

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIMKESMAS

Publisher

Subject

Public Health

Description

FKM UHO dari berbagai disiplin ilmu kesmas, diantaranya epidemiologi, administrasi kebijakan kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, promosi kesehatan, kesehatan reproduksi, biostatistika, dan ...