Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol. 2 No. 1, Mei 2017

Kecenderungan Pembelian Impulsif Online Ditinjau dari Penjelajahan Website yang Bersifat Hedonis dan Jenis Kelamin pada Generasi Y

Renanita, Theda (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2017

Abstract

Generasi Y merupakan generasi yang rentan terpapar oleh kemajuan teknologi informasi. Dalam proses transaksi jual beli, generasi Y begitu mudah mengakses informasi. Kondisi ini tentu dapat memberi dampak terhadap pola pembelian yang dilakukan remaja salah satunya adalah pembelian impulsive yang dilakukan secara online. Penelitian ini menguji dua hal yakni apakah pembelian impulsive pada remaja pria dan wanita berbeda. Tujuan kedua adalah menguji korelasi antara penjelajahan website yang bersifat hedonis dengan pembelian impulsive pada generasi Y. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala pembelian impulsif online dan skala penjelajahan website secara hedonis. Subjek yang terlibat berjumlah 84 orang. Analisis menggunakan analisis korelasional untuk menguji hubungan antara penjelajahan website hedonis dengan pembelian impulsive. Uji beda digunakan untuk menguji  perbedaan pembelian impulsif antara pria dan wanita. Dari hasil analisis menunjukkan jika kedua hipotesis diterima. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan psikologi konsumen serta dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi pembelian impulsive online melalui penjelajahan website hedonis remaja.Kata kunci : hedonis, generasi y, online, pembelian impulsif 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

indigenous

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in ...