Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol. 7, No. 1, Mei 2005

Efektivitas Pelatihan untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Sekolah Dasar Kelas 5

Utami, Retno Ritiasih (Unknown)
Nuryoto, Sartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan sosial pada anak Sekolah Dasar kelas 5. Sepuluh orang anak yang terseleksi melalui Nominasi Teman Sebaya sebagai anak yang mempunyai keterampilan sosial rendah diikutsertakan dalam pelatihan. Ketrampilan sosial rendah ditandai dengan tingginya tingkat perilaku negatif. Pelatihan meliputi 5 sessi yang dilaksanakan dalam 4 hari: Pencairan, Pengenalan diri dan pemahaman terhadap orang lain. Keterampilan komunikasi verbal, ketrampilan komunikasi non verbal serta keterampilan kerjasama. Metode yang digunakan adalah permainan dana diskusi. Hasil analisis dengan teknik statistik t-test diperoleh nilai t sebesar 8.536 dan p = 0.000 (p≤0.05) menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelatihan Ketrampilan sosial efektif untuk meningkatkan ketrampilan sosial anak. 

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

indigenous

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in ...