Tulisan ini merupakan respon dari rubrik âkronikaâ dalam media informasi âEtossâ yang diterbitkan oleh Biro Administrasi Umum (BAU) UMS. Dalam kronika tersebut yang mengetengahkan hasil penelitian mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan judul : PENGENDALIAN KERUGIAN- AKIBAT KEMANGKIRAN yang tampil-ulangkan (secara ringkas) oleh Sam (?). sebagaimana harapan dari Sam sendiri, bahwa UMS sebagai lembaga pendidikan masih perlu menerima masukan baik berupa kritik maupun saran, demi kebaikan UMS itu sendiri, tentunya. Hanya saja kritik dan saran diharapkan proporsional, bila tidak proporsional maka perlu diabaikan. Menurut editor, biasanya, kritik atau saran yang tidak proporsional tidak bisa mengambil solusi, tapi hanya asal kritik dan justru mengarah pada pencarian kesalahan atau kelemahan orang lain saja, demikian ungkapnya Penulis disini berusaha mendiskripsikan dari sudut pandang akademis semata, yaitu dari sudut pandang Psikologis, Psikologi Industri dan Organisasi dan terbatas pada budaya organisasi.
Copyrights © 2000