Telematika
Vol 10, No 1: Februari (2017)

GAMIFIKASI PELAJARAN SEJARAH PERJUANGAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN METODE SCOTT

Anugerah Bagus Wijaya (STMIK Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Peran pendidikan sejarah saat ini sangat penting, namun dalam pembelajarannya memiliki kendala seperti faktor kurangnya minat belajar, dan pendekatan pembelajaran konvensional. Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat dalam aspek pendidikan untuk anak-anak. Media game dapat membantu siswa menyerap materi pelajaran secara lebih mendalam dan utuh. Gamification  dideskripsikan sebagai proses pemikiran game (game-thinking) dan mekanisasi game (game-mechanic) untuk mengajak pengguna terlibat dan sekaligus memecahkan masalah. Pada penelitian ini difokuskan pada kesesuaian materi game dengan standar kompetensi yang digunakan. Untuk rancangan desain game penelitian ini menggunakan metode Scott yang selanjutnya dilakukan validasi materi desain game dan didapat nilai kesesuaian 83%. Pada  game menerapkan sistem gamifikasi yang mengadopsi dari metode GaML. Yang ditentukan elemen-elemen gamifikasi terlebih dahulu untuk menentukan Class gamifikasi pada game. Ujicoba game ini difokuskan pada pencapaian indikator kompetensi medeskripsikan perjuangan para tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Pada penelitian ini diujicobakan pada 2 subjek kelas yang salah satunya menerapkan game didapat skor Nilai keberhasilan pembelajaran dengan game menunjukan prosentase sebesar 66% lebih besar dari pembelajaran tanpa game 53%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

TELEMATIKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jl. Letjend Pol. Soemarto No.126, Watumas, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ...