Abstrak: Salah satu peran yang dituntut untuk dimainkan oleh guru sebagai pendidik di sekolah adalah peran orang tua, mengingat guru memang adalah orang tua kedua di sekolah. Setidaknya karena itulah dalam sistem pendidikan modern terdapat unsur kompetensi afektif yang harus ada pada diri guru profesional. Guru tidak hanya sekadar mentransfer pengetahuan dari dirinya kepada para peserta didik kemudian bersikap âlepas tangan.â Ini tentu jauh dari idealisme guru profesional. Jauh-jauh hari Rasulullah dalam satu hadis yang berbunyi âaku bagi kalian laksana ayahâ telah memberi teladan baik (uswah hasanah) tentang bagaimana guru harus berperan sebagai orang tua dalam setiap proses pendidikan dan pengajaran. Dengan metode deskriptif-analitis serta pendekatan ilmu hadis dan ilmu pendidikan, di sini penulis bermaksud menelusuri otentisitas dan validitas hadis âaku bagi kalian laksana ayah,â mengekspos pemahaman hadis âaku bagi kalian laksana ayahâ sebagaimana terdokumentasikan dalam literatur-literatur syarah hadis, dan mengidentifikasi relevansi antara hadis âaku bagi kalian laksana ayahâ dan sistem pendidikan modern. Selanjutnya penulis akan membuktikan bahwa peran guru sebagai orang tua kedua peserta didik di sekolah mempunyai dasar yang otentik dan valid sekaligus spesifik dalam hadis Nabi.Abstract: One of the roles needed to be played by teachers as educators at schools is the role of parents, because indeed teachers are the parents of students at schools. At least thatâs why there is an element of affective competencies that must exist in the professional teachers. Teachers donât just transfer knowledge to students and then leave them alone. Itâs certainly far from the ideals of professional teachers. In the 7th century the Prophet in a hadÄ«th that says âIâm for you like a fatherâ gave a good example (uswah hasanah) about how teachers should act as parents in every process of education and teaching. Using the descriptive-analytic method and the science of h}adÄ«th and science of education approach, the Author intends to explore the authenticity and validity of the h}adÄ«th âIâam to you like a father,â exposing understanding of the tradition of âIâm to you like a father,â as documented in the literature of sharh hadÄ«th, and identify the relevance between the h}adÄ«th âIâam to you like a fatherâ and the modern education system. Furthermore, the Authors will prove that the teachers role as second parents at school has an authentic, valid and specific base in the hadÄ«th of the Prophet.
Copyrights © 2016