Local Wisdom : Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal
Vol 3, No 1 (2011): February 2011

PENENTUAN ARAH DAN LETAK PERMUKIMAN DAN RUMAH TINGGAL KAITANNYA DENGAN KOSMOLOGI (STUDI KASUS, KAMPUNG KANAREA, KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN)

Idawari Idawari (Student of Doctoral Program Department of Architecture Institute Technology Sepuluh Nopember, Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2017

Abstract

Permukiman dan rumah tradisional tidaklah lahir begitu saja, namun syarat dengan philosophi- philosophi antara lain, konsistensi hidup mereka terhadap nilai-nilai tradisi, dan bersyandar kepada kepercayaan yang dianut. Pemilihan arah dan letak permukiman dan rumah terkait dengan faktor keberuntungan, keselamatan, tingkat sosial penghuni rumah dalam kelompoknya. Tujuan penelitian, untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dalam penentuan arah dan letak. permukiman dan rumah pada masyarakat yang berdiam di kampung Kanarea, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Manfaat Penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti lain mengenai faktor yang berpengaruh dalam penentuan arah dan letak permukiman dan rumah. Metode penelitian adalah kualitatif. Dasar teoritis penelitian bertumbu pada interaksi simbolik. Luarannya penemuan arah dan letak permukiman serta rumah sangatlah penting, terkait dengan kelangsungan hidup keluarga yang menghuni rumaht, dengan mengikuti aturan adat yang berlaku maka dipercaya akan mendatangkan kebaikan dan rejeki yang melimbah bagi penghuni rumah, sebaliknya jika meninggalkan aturan maka akan mendatangkan kesengsaraan bagi penghuni rumah, baik menyangkut rejeki, kesehatan, jodoh, usia, juga penghargaan dan penghormatan masyarakat terhadap penghuni rumah.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

lw

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

LOCAL WISDOM is a scientific journal in the field of Architecture and the City as a "bridge" between the disciplines of architecture and urban planning and design studies.This scientific journal focusing on research relating to the study of local wisdom. Local knowledge is a potential local ...