Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Bioterdidik

Analisis Kesesuaian Materi Bakteri pada Buku Teks dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Sri Utami (Unknown)
Tri Jalmo (Unknown)
Berti Yolida (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2018

Abstract

This study aims to describe the level of conformity of bacteria materials in Biology textbooks of High School Grade X with basic competence Curriculum 2013 reviewed in terms of breadth and depth of the material. This research was a qualitative research by using documentation study. The object of this research was A book published by Erlangga and B book published by Yrama Widya. Suitability data obtained from the analysis of bacterial material in textbooks, then analyzed descriptively qualitative. The results showed that the level of the suitability of bacteria material with basic competence of Curriculum 2013 in A book categorized as "appropriate" with 80% in terms of the breadth of material, while viewed from the aspect of material depth categorized as "less appropriate" with 57.2%. While in B book categorized as "appropriate" with 80% in terms of the breadth of material, while viewed from the aspect of material depth categorized as "less appropriate" with 57.4%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi bakteri pada buku teks Biologi SMA Kelas X dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi dokumentasi. Objek penelitian ini adalah buku A diterbitkan oleh Erlangga dan buku B diterbitkan oleh Yrama Widya. Data kesesuaian diperoleh dari hasil analisis materi bakteri pada buku teks, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian materi bakteri dengan KD Kurikulum 2013 pada buku A berkategori sesuai dengan persentase 80% ditinjau dari aspek keluasan materi, sedangkan ditinjau dari aspek kedalaman materi berkategori cukup sesuai dengan persentase 57.2%. Sementara pada buku B ditinjau dari aspek keluasan materi berkategori sesuai dengan persentase 80%, sedangkan ditinjau dari aspek kedalaman materi berkategori cukup sesuai dengan persentase 57.4%.Kata kunci : buku teks, kedalaman materi, keluasan materi, tingkat kesesuaian

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...