Orbith : Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial
Vol 13, No 1 (2017): Maret 2017

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESCRIPTIVE TEXT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 KARANGAWEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Islami, Atika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pembelajaran model portofolio dapat meningkatkan kemampuan menulis Descriptive Text siswa dan lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Penelitian ini diadakan pada siswa SMP Negeri 1 Karangawen kelas VII A Semester 2 tahun ajaran 2015/2016, waktu penelitian berlangsung selama 3 bulan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terdapat peningkatan kemampuan menulis pada siklus I sekitar 63 % dan pada siklus II mencapai 78 %. Hal ini juga terlihat pada Ulangan Harian siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran portofolio hasilnya lebih baik dan presentasi ketuntasan belajar pun lebih tinggi dari pada sebelumnya.Kata Kunci: Descriptive Text, Model Portofolio

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ORBITH

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

ORBITH Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial adalah wadah informasi berbagai bidang ilmu berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait. Terbit pertama kali tahun 2005, dengan frekuensi terbit tiga kali dalam satu tahun pada bulan Maret, Juli dan ...