Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog descriptive lisan berbahasa Inggris sederhana yang berterima siswa kelas VII - J SMP Negeri 1 Karangtengah menggunakan teknik ICARE. PTK ini terdiri atas 3 siklus. Tiap siklus melalui prosedur 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian Bagaimana cara guru meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog descriptive lisan berbahasa Inggris sederhana yang berterima siswa kelas VII - J SMP Negeri 1 Karangtengah menggunakan teknik ICARE dalam pembelajaran terjadi peningkatan pada siklus 1 keterampilan siswa mengungkakan monolog descriptive menghasilkan ketuntasan belajar sebesar 67%, pada siklus 2 keterampilan siswa mengungkakan monolog descriptive menghasilkan ketuntasan belajar sebesar 76%, pada siklus 3 keterampilan siswa mengungkakan monolog descriptive menghasilkan ketuntasan belajar sebesar 89%. Jadi ada peningkatan ketuntasan belajar sebesar 22% Dengan demikian, pembelajaran menggunakan teknik ICARE mengkondisikan siswa belajar berpendapat dan mengungkapkan pengetahuannya, mengaplikasikan, merefleksi dan memperluas pengalaman belajar mereka maka akan membentuk sikap percaya diri siswa karena siswa terlibat langsung mengaplikasikan pengetahuannya.Kata Kunci: âmonolog descriptiveâ, âtechnique icareâ
Copyrights © 2017