Orbith : Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial
Vol 13, No 3 (2017): November 2017

RANCANG BANGUN “I GOT A STONE” GAME EDUKASI PENGENALAN JENIS BATU PERMATA BERBASIS ANDROID

Hestiningsih, Idhawati (Unknown)
Suyanto, Budi (Unknown)
Rachman, Rizky Amanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2018

Abstract

Batu permata merupakan sebuah kekayaan alam yang indah dan memiliki nilai jual. Oleh karena itu, batu permata perlu diperkenalkan kepada masyarakat. Pengenalan batu permata tentu akan menimbulkan kejenuhan bila dilakukan dengan metode konvensional maupun dalam bentuk bacaan, sehingga diperlukan cara yang menyenangkan untuk mengenalkan batu permata yaitu melalui game. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun “I GOT A STONE” yaitu game edukasi pengenalan jenis batu permata yang menyajikan petualangan berbasis Android sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang batu permata. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Perancangan game menggunakan model UML yang diwujudkan dalam bentuk diagram use case. Game dibuat dengan Adobe Flash Professional CS6 dengan Action Script 3.0. Metode kuesioner juga digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game telah berfungsi dengan baik pada smartphone Android. Hasil kuesioner menunjukkan tingkat kepuasan pengguna adalah 81,2% dan tingkat kepuasan ahli batu permata adalah 80%.Kata kunci : batu permata,  game, edukasi,  android,  flash

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ORBITH

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

ORBITH Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial adalah wadah informasi berbagai bidang ilmu berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait. Terbit pertama kali tahun 2005, dengan frekuensi terbit tiga kali dalam satu tahun pada bulan Maret, Juli dan ...