JEB17 : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 3 No 01 (2018)

PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. MITRA TOUR & TRAVEL SIDOARJO

kasino, kasino (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. Mitra Tour & Travel Sidoarjo. Serta menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan PT. Mitra Tour & Travel Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa transportasi bus pariwisata Pratama Putra. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan pendekatan Accidental Sampling (pengambilan sampel secara kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut, Y = 0,354 + 0,145X1 + 0,556X2 + 0,244X3 . Kualitas produk (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Pratama Putra, hal tersebut ditunjukkan dari nilai thitung = 2,686 > ttabel = 1,661 (sig. = 0,009 < p-value = 0,05), Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Pratama Putra, hal tersebut ditunjukkan dari nilai thitung = 8,053 > ttabel = 1,661 (sig. = 0,000 < p-value = 0,05), dan Penetapan harga (X3) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Pratama Putra, hal tersebut ditunjukkan dari nilai thitung = 4,359 > ttabel = 1,661 (sig.= 0,000 < p-value = 0,05). Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penetapan harga berpengaruh (simultan) secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Pratama Putra, hal tersebut ditunjukkan dari nilai Fhitung = 116,467 > Ftabel = 2,70 (Sig. = 0,000 < p-value = 0,05). Variabel bebas yang berpengaruh secara dominan terhadap variabel terikat adalah variabel kualitas pelayanan (X2). Koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,784 yang menunjukkan bahwa kontribusi kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan penetapan harga (X3) dengan kepuasan pelanggan PT. Mitra Tour & TravelSidoarjo sebesar 78,4% sedangkan sisanya sebesar 21,6% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar ketiga variabel bebas dalam penelitian ini. Kata kunci : Kualitas produk, kualitas pelayanan, penetapan harga, kepuasan pelanggan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JEB17

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JEB17 : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a journal for academics and practitioners, and is a double-blind, peer-reviewed academic journal that publishes conceptual articles and measures high-quality developments in the fields of economics, business and related ...