SCAN
Vol 11, No 3 (2016)

APLIKASI UML JAVA CODE GENERATOR MENERAPKAN DESIGN PATTERN

A. K., Siti Isnaini (Program Studi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, PO BOX 2, Kamal, Bangkalan – 69162)
H, Yonathan Ferry (Program Studi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, PO BOX 2, Kamal, Bangkalan – 69162)
Sophan, Moch. Kautsar (Program Studi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, PO BOX 2, Kamal, Bangkalan – 69162)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2016

Abstract

Abstrak. Sebuah aplikasi “UML Java Code Generator” dapat membantu developer dalam proses menerjemahkan UML ke dalam bentuk tulisan program. Untuk merancang aplikasi dengan baik dan terstruktur sehingga rancangan aplikasi berkualitas dan dapat mudah dimengerti, maka diterapkan design pattern. Design pattern dapat meningkatkan skalabilitas dan maintainabilitas dari aplikasi. Design pattern yang diterapkan adalah composite pattern sebagai desain pola struktural dan command pattern sebagai desain pola behavioral. Hasil penelitian adalah: (1) penerapan command pattern pada aplikasi dapat mendukung fungsionalitas undo dan redo yang dapat memudahkan user dalam menggunakan aplikasi (2) penerapan composite pattern bermanfaat karena kebutuhan terhadap dua atau lebih subclass dapat diwakili oleh satu superclass.   Kata Kunci: UML generator, Design Pattern, Command Pattern, Composite Pattern

Copyrights © 2016