SCAN
Vol 12, No 2 (2017)

APLIKASI PENENTUAN PENJURUSAN SEKOLAH UNTUK SISWA SMA (STUDI KASUS: SMA WIDYA DARMA SURABAYA)

Surjohadi, Surjohadi (Universitas Kartini Surabaya Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur)
Puspaningrum, Eva Yulia (Universitas Kartini Surabaya Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur)
Saputra, Raka Aji (Universitas Kartini Surabaya Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Abstrak. Seiring berkembangnya zaman ini semua manusia sangat tergantung dengan adanya teknologi informatika untuk membantu kegiatan sehari – hari. Pada sekolah SMA WIDYA DARMA untuk menentukan penjurusan siswa akan dilakukan pada saat naik ke kelas XI dengan mengambil nilai pelajaran IPA, IPS, dan tes psikologi. Pada saat ini di sekolah dalam hal pengelompokan penjurusan siswa masih sangat sulit. Sehingga masih banyak siswa masuk jurusan yang bukan kemampuannya berakibat menurunkan kemampuan siswa dalam belajar di sekolah. Dengan menggunkan metode K-Means akan mengelompokkan siswa di SMA WIDYA DARMA sesuai dengan klasifikasi nilai IPA, IPS, dan tes psikologi yang akan memberi gambaran untuk menentukan jurusan. Karna dengan metode K-Means akan memberikan kemudahan dalam mengelompokan data. Dari hasil 30 sempel data siswa-siswi SMA yang didapat bahwa metode K-Means mampu mengelompokkan data dengan persentase ketepatannya 100% dengan ini metode K-Means menghasilkan 2 kelompok jurusan berdasarkan nilai IPA, nilai IPS, dan nilai tes psikologi yaitu jurusan IPA dan jurusan IPS.   Kata Kunci: K-Means, Perangkat Lunak, Jurusan, Tes Psikologi

Copyrights © 2017