SCAN
Vol 12, No 1 (2017)

COLOR MATCHING UNTUK DETEKSI KANDUNGAN KLOROFIL MENGGUNAKAN DATA FOTO DAUN BERBASIS MOBILE (IDC-BASED ON LEAF IMAGE)

Saputra, Wahyu S. J. (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur Jalan Raya Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya)
Puspaningrum, Eva Yulia (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur Jalan Raya Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya)
Sukendah, Sukendah (Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur Jalan Raya Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Abstrak. Gambar merupakan sebuah data yang memberikan banyak informasi. Sebuah gambar dapat mengandung sebuah obyek atau lebih, tergantung dari jenis gambarnya. Data gambar sangat diperlukan dalam berbagai proses pengolahan data digital, seperti misalnya data gambar angkasa yang digunakan sebagai dasar pembuatan peta digital, maupun pemetaan sumberdaya alam. Data citra digital yang lebih spesifik digunakan sebagai dasar dari proses identifikasi, seperti misalnya proses pengenalan wajah maupun proses pengenalan sidik jari. Proses pengenalan obyek pada gambar digital dapat dilakukan dengan berbagai metode diantaranya adalah metode template matching. template matching yaitu metode untuk mencari bagian kecil dari sebuah obyek dengan membandingkan citra template. Pada penelitian ini proses pengenalan untuk mencari tingkat kesamaan obyek dilakukan dengan membandingkan fitur yang didapatkan dari citra uji dan citra template. Citra yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra daun, dan fitur yang diekstraksi dari citra ruang warna hijau. Ruang warna hijau akan digunakan sebagai analisa histogram yang kemudian dibandingkan dengan analisa histogram pada dataset. Dataset merupakan data daun yang telah dilakukan uji kandungan klorofil dengan menggunakan spektofotometer. Nilai kandungan klorofil yang akan ditampilkan dari data uji adalah nilai rata-rata dari tiga dataset yang memiliki kemiripan nilai histogram paling tinggi. Proses evaluasi hasil dilakukan dengan cara membandingkan nilai yang didapatkan dari hasil uji system dengan nilai yang didapatkan dari hasil proses spektofotometer.   Kata Kunci: Color Matching, Klorofil, Citra, Ruang warna, Histogram

Copyrights © 2017