Laa Maisyir Jurnal Ekonomi Islam
Vol 4 No 1 (2017)

STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN GAS ELPIJI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Kamaruddin Kamaruddin (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
25 May 2018

Abstract

            Penelitian ini berfokus pada “Tinjauan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Pada Distributor Gas Elpiji UD. Kamus Jaya Kabupaten Jeneponto )” Penelitian ini mengemukakan rumusan masalah yaitu Bagaimana strategi pemasaran agen elpiji UD. Kamus Jaya Jeneponto dalam meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan  rumusan masalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran agen elpiji UD. Kamus Jaya Jeneponto dalam meningkatkan volume penjualan.Jenis penelitian bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan informan untuk melakukan wawancara dan observasi menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu informasi yang bersumber dari pengamatan langsung dari lokasi penelitian setelah melakukan observasi dan wawancara. Sedangkan sumber sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumentasi atau studi kepustakaan untuk melengkapi data-data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu Redaksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Dan untuk uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu di tekankan pada uji validitas dan reliabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Distributor Gas Elpiji UD. Kamus Jaya Kabupaten Jeneponto), yaitu pemilik agen gas elpji UD. Kamus Jaya Jeneponto yang berada di Desa Dangkalaloe Kec. Bontoramba Kab. Jeneponto, sudah melakukan strategi pemasaran sesuai dengan aturan Islam. Karena Pemilik agen gas elpiji selalu memperhatikan kualitas produk yang dijual kepada masyarakat. Ketika adanya kesalahan dalam bongkar muat menyebabkan berkurangnya jumlah takaran yang dibeli konsumen, maka pihak agen tidak menjual tabung tersebut.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lamaisyir

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Laa Maisyir adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi syariah yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah ...