Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi (JRMA)
Vol. 4 No. 2 (2016): Oktober

EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS UNTUK MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN (Studi Pada PT Arema Indonesia Malang)

Rahmawati, Dewi (Unknown)
Sulistyo, Sulistyo (Unknown)
Mustikowati, Rita Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2016

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi yang dapat dijadikan dasar bagi manajemen dalam membuat kebijakan perusahaan, Tujuan penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui dan menjelaskan sistem informasi akuntansi penerimaan kas  dapat meningkatkan sitem pengendalian sistem pengendalian intern pada PT Arema Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada PT Arema Indonesia pada tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu mengungkapkan gambaran masalah yang terjadi saat penelitian ini berlangsung. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang merupakan data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara terbuka, dokumentasi, studi kepustakaan dan observasi dengan langsung melihat sistem informasi akuntansi penerimaan kas yang berjalan. berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui bahwa untuk sistem informasi akuntansi penerimaan kas dalam unsur pengendalian intern masih belum baik, terlihat masih adanya rangkap jabatan, dokumen yang di gunakan masih kurang, prosedunya juga masih kurang, sehingga belum dapat meningkatkan sistem pengendalian intern perusahaan dan perlu adanya perbaikan dalam sistem informasi akuntansi penerimaan kas untuk memaksimalkan tujuan perusahaan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jrma

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi (JRMA) published 2 (two) times a year (April, October), contains the publication of the student final assignment research, research students and lecturers in the field of Accounting. JRMA is published by the Faculty of Economics and Bussiness, Kanjuruhan University ...